BKKBN Canangkan Desa Kuranji Lombok Barat Kampung KB

id Kampung KB

BKKBN Canangkan Desa Kuranji Lombok Barat Kampung KB

"Kampung KB diharapkan akan membuat Program KB bergema kembali dan dapat menjangkau masyarakat, terutama yang berada di desa-desa, dusun-dusun"
    Lombok Barat (Antara NTB) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty mencanangkan Desa Kuranji, Labu Api, Kabupaten Lombok Barat sebagai Kampung KB, Senin.

        "Kampung KB diharapkan akan membuat Program KB bergema kembali dan dapat menjangkau masyarakat, terutama yang berada di desa-desa, dusun-dusun, dan kampung-kampung di seluruh Indonesia," katanya.

        Surya berharap penggarapan program pembangunan berbagai sektor di Kampung KB itu akan dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan fasilitas dari kepala desa, ketua RW, ketua RT, penyuluh KB, PKK, institusi masyarakat perdesaan (IMP), tokoh masyarakat, kader, dan lintas sektor terkait.

        Ia menekankan bahwa keikutsertaan masyarakat sangat penting agar kegiatan-kegiatan prioritas pembangunan dapat dilakukan dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

        Kampung KB dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup sehingga memiliki ketahanan dan kesejahteraan yang lebih baik.

        Dengan memiliki keluarga yang berkualitas, baik dari segi jumlah maupun dari segi pola kehidupan, dia berharap dapat menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas pada masa yang akan datan.

        Keluarga adalah unit terkecil dari sebuah negara serta merupakan awal tempat belajar anak sebagai generasi calon penerus bangsa.

        Untuk itu, kesadaran memiliki kehidupan yang lebih berkualitas harus dapat lebih ditanamkan kepada masyarakat, salah satunya dengan pencanangan Kampung KB.

        Adapun kini jumlah Kampung KB di seluruh Indonesia sebanyak 487 kampung KB atau sekitar 95 persen dari target yang akan dicapai sebanyak 514 kampung KB di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. (*)

Editor: D. Kliwantoro