Alfamart Latih Pelaku Umkm Lombok Barat Pasarkan Produk

id Alfamart Lobar

Alfamart Latih Pelaku Umkm Lombok Barat Pasarkan Produk

Sekda Lombok Barat H Mohammad Taufik, menyerahkan bantuan sembako dari Alfamart kepada warga kurang mampu. (Foto ANTARA NTB/ist)

Lombok Barat (Antara NTB) - Puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mendapat pelatihan pemasaran dari PT Sumber Alfaria Trijaya TBK bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, di Gerung, Jumat.

Pelatihan bertajuk "Manajemen ritel modern" tersebut digelar di aula utama kantor Bupati Lombok Barat, dan dibuka Sekretaris Daerah Lombok Barat H Mohammad Taufik.

Taufiq mengatakan pemerintah daerah sudah harus terlibat di dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk bertransaksi dan berinteraksi dalam bidang ekonomi.

"Teknologi informasi juga perlu diperkenalkan kepada pelaku UMKM kita, supaya jangan menjual produk hanya dengan cara manual," katanya.

Ia juga juga mengimbau pelaku UMKM di daerahnya supaya jangan kalah bersaing dengan daerah-daerah lain. Sebab, kualitas produk Lombok Barat tidak kalah dengan daerah lain.

"Cuma kalah di pemasaran. Saya berharap Alfamart tidak hanya menjual produk dari luar, tapi menjual produk yang datang dari asli Lombok Barat," katanya.

Branch Manager Alfamart NTB Banny Febrianto mengatakan pelatihan yang melibatkan pelaku UMKM tersebut digelar secara rutin di kabupaten/kota setiap tahun, termasuk di Kabupaten Lombok Barat.

Kabupaten Lombok Barat juga dijadikan proyek percontohan secara nasional dalam rangka menampung produk UMKM.

Sebagai komitmen perusahaan terhadap dunia UMKM, menurut dia, ritel modern dan tradisional harus bersinergi, tumbuh, dan maju bersama untuk melayani kebutuhan masyarakat.

"Bentuk sinergi yang telah kami lakukan dan sudah berjalan antara lain melalui program Outlet Binaan Alfamart atau OBA," ujarnya.

Melalui OBA, Alfmart akan menjadikan toko kelontong seperti mini market (dressed up warung), baik dari sisi tampilan atau "display" barang maupun "performance" secara umum agar pembeli menjadi lebih nyaman saat berbelanja.

Selain memberikan pelatihan, Alfamart juga membagikan paket sembako kepada fakir miskin dan anak yatim yang ada di Dusun Aiq Ampat, Kelurahan Dasan Geres. Pembagian sembako tersebut sebagai bentuk dari tanggung jawab sosial perusahaan. (*)