ASDP Lembar Siapkan 32 Kapal Selama Mudik

id ARUS MUDIK LEMBAR

Ada 32 kapal penyeberangan yang kami siapkan, termasuk kapal besar Legundi yang melayani rute Pelabuhan Lembar-Surabaya
Lombok Barat (Antara NTB) - PT ASDP Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan 32 unit kapal penyeberangan untuk mengurai penumpukan penumpang dan kendaraan selama mudik Lebaran.

"Ada 32 kapal penyeberangan yang kami siapkan, termasuk kapal besar Legundi yang melayani rute Pelabuhan Lembar-Surabaya," kata General Manager ASDP Pelabuhan Lembar Anton Murdianto di Lombok Barat, Selasa.

Ia mengatakan saat ini arus lalu lintas kapal penyeberangan dari Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Padangbai Bali terpantau aman, lancar, dan terkendali termasuk, untuk truk sembako.

"Tidak ada penumpukan dan antrean penumpang kapal di areal pelabuhan jelang seminggu menjelang hari raya ini," ujarnya.

Menurutnya, setiap hari sebelum mudik Lebaran ini ada 24 kapal yang dioperasikan, namun untuk antisipasi jika terjadi penumpukan, maka dijalankan 32 kapal.

"Kami operasikan kapal selama 24 jam. Dengan durasi penyeberangan itu satu jam," ucapnya.

Untuk prediksi puncak arus mudik penumpang di Pelabuhan Lembar, kata Anton, akan terjadi dua-tiga hari jelang Lebaran yakni 22 dan 23 Juni 2017, mengingat saat itu sudah masuk libur bersama Lebaran.

Sementara itu, Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi saat meninjau pelabuhan Lembar meminta kepada otoritas pelabuhan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama mudik Lebaran.

"Pastikan kondisi kapal terawat dengan baik. Namun, saya lihat pelayanan yang diberikan sudah bagus dan dalam keadaan baik," terangnya.

Ia menambahkan, saat ini Pelabuhan Lembar memiliki tiga dermaga, kalaupun nanti terjadi penumpukan, berdasarkan prosedur yang ada, maka segala kebutuhan pokok harus didahulukan.

"Kami berharap arus mudik di Pelabuhan Lembar berjalan lancar selama arus mudik Lebaran ini," tandasnya. (*)