Minggu, 28 Mei 2017

Imam Besar Timur Tengah Semarakkan Ramadhan NTB

id FESTIVA KHASANAH RAMADAN
Mereka dijadwalkan untuk mengisi kegiatan keagamaan secara bergiliran selama satu bulan penuh pada Ramadhan
Mataram (Antara NTB) - Empat imam besar dari sejumlah negara di kawasan Timur Tengah akan dihadirkan untuk menyemarakkan kegiatan keagamaan di Festival Khasanah Ramadhan di Nusa Tenggara Barat, 21 Mei hingga 26 Juni 2017.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal di Mataram, Rabu, mengatakan empat imam besar yang didatangkan dari Timur Tengah itu berasal dari Lebanon, Mesir, Maroko, dan Yordania.

Mereka adalah Prof Dr Syeikh Khalid Barakat dari Lebanon. Syeikh Ezzat eL-Sayyed dari Mesir. Syeikh Mouad Douaik dari Maroko, dan Syeikh Ahmad Jalal Abdullah Yahya dari Yordania.

"Satu lagi yang dari Mesir, mudah-mudahan satu atau dua hari ini sudah ada kepastian nama sehingga kemungkinan lima imam besar yang akan hadir," katanya.

Ia menjelaskan empat imam besar ini akan mengisi kegiatan keagamaan selama Ramadhan di antaranya menjadi imam salat tarawih, siraman rohani, dan kajian Islam.

"Mereka dijadwalkan untuk mengisi kegiatan keagamaan secara bergiliran selama satu bulan penuh pada Ramadhan," ujarnya.

Faozal menuturkan rangkaian kegiatan Festival Khasanah Ramadhan dimulai 21 Mei didahului Fun Run Ramadhan yang diikuti masyarakat NTB. Kemudian, opening ceremoni dilaksanakan 25 Mei sekaligus tablik akbar menghadirkan ustad Yusuf Mansyur bersama Tuan Guru Bajang (TGB) sapaan akrab Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi.

"Jadi akan ada 28 kegiatan dengan 4 kelompok kegiatan yang kami laksanakan selama Festival Khasanah Ramadhan dari 25 Mei sampai 26 Juni 2017," terangnya.

Mantan Kepala Museum NTB ini menambahkan selain kegiatan keagamaan dengan mendatangkan imam besar asal Timur Tengah, dari rangkaian 28 kegiatan itu juga dilaksanakan kampung kuliner dan kampung kreatif ramadan, kampung hortikultura, pameran foto, lomba blog, pameran budaya Islam diikuti oleh kedutaan besar negara-negara Timur Tengah.

Kemudian, bedah buku dan rembuk republik, pameran lima ribu buku. Tidak ketinggalan berbagi dengan 1.000 anak yatim, termasuk buka bersama selama satu bulan penuh di lokasi utama penyelenggaraan Festival Khasanah Ramadan di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.

"Kami juga melaksanakan pasar wisata halal yang diikuti para buyer dan seller untuk menjual paket wisata halal NTB terutama untuk wisatawan muslim," ucapnya.

Di samping itu, pada malam Nuzulul Quran, Pemerintah Provinsi melalui Gubernur NTB akan mengundang Presiden RI Joko Widodo untuk menghadiri Nuzulul Quran Nasional yang dipusatkan NTB.

"Undangan untuk kesediaan Presiden dari pak gubernur menghadiri Nuzulul Quran sudah dikirimkan dan tinggal kami kawal di Menteri Sekretaris Negara. Mudah-mudahan Presiden bersedia hadir," tutur Faozal. (*)

Editor: Nur Imansyah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga