Gubernur: Daerah Harus Dilibatkan Dalam "Miss Indonesia"

id MISS INDONESIA 2017

Pada intinya kita menghargai semua kontribusi, tetapi tolong kalau merepresentasikan NTB harus ada keterlibatan daerah
Mataram (Antara NTB) - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi meminta pihak panitia melibatkan daerah dalam ajang "Miss Indonesia".
"Pada intinya kita menghargai semua kontribusi, tetapi tolong kalau merepresentasikan NTB harus ada keterlibatan daerah," kata Muhammad Zainul Majdi di Mataram, Selasa, saat dikonfirmasi terkait kontroversi asal-usul pemenang Miss Indonesia 2017 Achintya Holte Nilsen yang disebut mewakili NTB.
Menurut gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini, membangun pariwisata itu butuh kerja bersama dan tidak cukup oleh pemerintah daerah atau pemerintah pusat, melainkan perlu ada keterlibatan semua pihak.
"Jadi saya dan semua kita masyarakat NTB menyambut baik kalau ada inisiatif dan kontribusi oleh semua pihak, termasuk dari swasta atau dari siapa pun untuk mempromosikan pariwisata NTB. Prinsipnya kita menghargai, mengapresiasi kontribusi siapa pun untuk membangun pariwisata," jelasnya.
Namun demikian kalau sudah bicara tentang representasi daerah, harus ada aturan yang jelas sehingga tidak bisa sembarangan mengatakan ini wakil NTB. Karena, ketika ditelisik tahu-tahunya bukan warga NTB.
"Saya tidak tahu juga kenapa bisa mewakili NTB dan saya juga tidak mengerti dan belum mendalami berita itu. Hanya mendengar sekilas saja. Tetapi pada intinya kita menghargai semua kontribusi, namun tolong kalau merepresentasikan NTB harus ada keterlibatan daerah," katanya.
TGB menilai, jika daerah dilibatkan tentunya akan ada kontestasi. Namun, kontestasi itu bukan yang mengarah kepada eksploitasi, tetapi lebih kepada kecerdasan, kepedulian, dan ketanggapan.
"Jadi bukan kontestasi kecantikan-kecantikannya," tegas gubernur.
Meski demikian, gubernur berharap polemik tersebut tidak dibesar-besarkan. Namun, hendaknya peristiwa itu menjadi koreksi semua pihak, terutama buat penyelenggara.
"Kontes apapun namanya, kalau ada nuansa merepresentasikan daerah hendaknya disepakati, dibicarakan dulu dengan pemerintah daerah, ada dinas pariwisata dan stake holder lain di dalamnya. Jadi saya pikir kita semua saling menghargai. Tapi pada intinya tidak usah di perpanjang lagi," kata gubernur.
Sejak dikabarkan menang sebagai Miss Indonesia 2017 yang digelar 22 April 2017 malam hari di Jakarta, sosok, Achintya Holte Nilsen menuai pro-kontra di tengah masyarakat NTB. Apakah betul-betul mewakili masyarakat NTB, dan bagaimana proses serta tahapan hingga bisa mengatasnamakan NTB. Karena, diketahui Achintya Nilsen berdarah campuran Bali dan Norwegia dan besar serta bermukim di Bali. (*)