Jumat, 28 Juli 2017

Mekaki Marathon Tawarkan Sensasi Budaya Lombok-Bali

id Mekaki Marathon
Mekaki Marathon Tawarkan Sensasi Budaya Lombok-Bali
Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid (tengah), memberikan keterangan kepada wartawan seputar Mekaki Marathon sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Kabupaten Lombok Barat, NTB, di Jakarta, Jumat (21/4).
"Selama ini orang tau Lombok Barat itu Senggigi. Padahal ada wilayah lain yang memiliki potensi berlipat seperti di Sekotong (Pantai Mekaki).
    Jakarta (Antara NTB) - Kejuaraan BRI Mekaki Marathon 2017 di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), 30 April menawarkan sensasi berbeda dibandingkan kejuaraan yang sama karena akan melalui wilayah yang kental dengan budaya berbeda yaitu Sasak (Suku Lombok) dan Bali.

        "Selama ini orang tau Lombok Barat itu Senggigi. Padahal ada wilayah lain yang memiliki potensi berlimpat seperti di Sekotong (Pantai Mekaki). Kami juga memiliki wilayah yang yang kental budaya Sasak dan Bali. Ibaratnya kalau ke Lombok dapat Bali, tapi Bali tidak dapat Lombok. Ini akan menjadi keuntungan peserta," kata Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid di Jakarta, Jumat.

        Menurut dia, BRI Mekaki Marathon 2017 merupakan kejuaraan pertama yang digelar di Lombok Barat. Untuk itu sebagai pemerintah daerah pihaknya akan memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada peserta. Dengan harapan, kejuaraan yang sama bisa dilakukan tahun-tahun mendatang dan targetnya dibuat level internasional.

        Dalam kejuaraan yang rencananya bakal diikuti oleh artis Ibu Kota seperti Chicco Jerikho, Wulan Guritno, Fajar Alexa hingga Lukman Sardi ini akan dilombakan tiga kategori yaitu 5K, 10K, half marathon (21K) dan marathon (42K). Adapun start dan finis bakal dilakukan di Pantai Mekaki, Sekotong.

        "Pantai Mekaki terletak diujung dan berbatasan langsung dengan Australia. Makanya, semua peserta juga akan ditawarkan keindahan Lombok Barat," kata pria yang akrab dipanggil Ozan itu.

        Pada kejuaraan yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini juga akan dijadikan media untuk mengembangkan program pariwisata berbasis olahraga (sport tourism).

        "Kami sudah banyak memberikan dukungan seperti Jakarta marathon dan Borobudur marathon. Saat ini kami memberikan dukungan pada Mekaki marathon. Semoga kedepan levelnya bisa menjadi internasional," kata Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar, Raseno Arya.

        Hal sama dikatakan oleh Senior Executive Vice President Bank BRI Agus Noorsanto. Menurut dia, dukungan yang diberikan diharapkan mampu memberikan manfaat pengembangan wisata dan nilai tambah yang lebih baik. Apalagi potensi Lombok sangat besar.

        Sementara itu perwakilan dari pihak penyelenggara, Juria Ambar Haruni mengatakan target peserta kejuaraan yang baru pertama digelar itu sebanyak 2.000 orang. Selain artis, beberapa tokoh juga dijadwalkan akan mengikuti kejuaraan ini.

        "Jumlah peserta sudah mendekati target. Para tokoh juga akan hadir seperti Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, Wali Kota Bogor Bima Arya, pengamat ekonomi Faisal Basri hingga pengamat politik," tutur Juria. (*)

Editor : C. Hamdani

Editor: Awaludin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga