SMAN 1 Lape Siapkan 90 Laptop UNBK

id UNBK Lape

SMAN 1 Lape Siapkan 90 Laptop UNBK

Para siswa SMAN 1 Lape, Kabupaten Sumbawa, NTB, sedang mengikuti UNBK.

"Tidak ada gangguan signifikan, semuanya berjalan lancar dalam pelaksanaan UNBK yang hari ini memasuki hari kedua"
Lape, Sumbawa, (Antara NTB) - Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lape Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan sekitar 90 unit laptop untuk siswa yang mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

"Tidak ada gangguan signifikan, semuanya berjalan lancar dalam pelaksanaan UNBK yang hari ini memasuki hari kedua," kata panitia UNBK SMAN 1 Lape Sri Sulastri SPd, di Lape, Sumbawa, Selasa.

Bersama panitia lainnya, yakni program operator (proktor) utama Indra Jaya SPd, serta teknisi Sony Karda SPd, dan Wawan Irawan SPd, ia mengatakan UNBK yang pertama kali dilaksanakan di SMAN 1 Lape ini dibagi tiga sesi mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WITA.

Sesi pertama pukul 07.30 - 09.30, sesi kedua pukul 10.30 - 12.30 dan sesi ketiga pukul 14.00 - 16.00 WITA.

"Ada tiga laboratorium komputer untuk mendukung UNBK ini. Sedangkan perangkat komputer atau laptop yang disiapkan merupakan kontribusi atau pinjaman dari guru dan siswa," kata Sri.

Menurut Sri, jumlah siswa SMAN 1 Lape yang mengikuti UNBK 2017 sebanyak 228 orang, terdiri atas 89 siswa IPA dan 139 siswa IPS.

Ia mengatakan, pada hari pertama Senin (10/4) mengujikan mata pelajaran bahasa Indonesia, hari kedua Selasa (11/4) diujikan matematika IPA dan IPS, sedangkan hari ketiga Rabu (12/4) ujian bahasa Inggris.

"Hari keempat terakhir Kamis (13/4) diujikan mata pelajaran pilihan. Mata pelajaran pilihan untuk IPA adalah biologi, kimia dan fisika, sedangkan IPS yakni ekonomi, geografi dan sosiologi," katanya.

Ditanya kesiapan siswa, Sri mengatakan semua sudah dipersiapkan dengan baik. Bahkan, sebelum UNBK diawali dengan simulasi.

Terkait suasana UNBK di SMAN 1 Lape, ia mengatakan kondusif karena dalam ruangan peserta ujian ada satu orang program operator (proktor), satu pengawas dan dua teknisi.

Proktor adalah petugas yg diberi wewenang untuk menangani aspek teknis UNBK dalam ruang ujian, sedangkan teknisi adalah petugas pengelola labaratorium komputer UNBK.

"Seluruh guru berharap para siswa mendapatkan hasil yang baik dalam UNBK tahun ini," kata Sri. (*)