Pengunjung Islamic Center NTB Capai 5.000 Orang/bulan

id Masjid Islamic Center

Mereka yang berkunjung ke masjid ini selain beribadah shalat, juga kagum melihat keindahan arsitektur masjid sekaligus berswafoto (selfie) sebagai kenang-kenangan
Mataram (Antara NTB) - Jumlah pengunjung, baik Nusantara maupung mancanegara, ke Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Nusa Tenggara Barat di Kota Mataram, mencapai 5.000 ribu orang per bulan.
"Di bulan Februari, jumlah pengunjung mencapai 5.000 orang, sedangkan sampai Maret ini mendekati 3.000 orang," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB H Abdul Mukti di Mataram, Jumat.
Mukti menjelaskan sejak menjadi tujuan baru di Mataram, kunjungan wisatawan ke masjid terbesar di NTB itu, per hari bisa mencapai 100 sampai 300 orang. Bahkan, sehari pernah sampai 17 bus yang membawa wisatawan Nusantara berkunjung ke Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.
"Mereka yang berkunjung ke masjid ini selain beribadah shalat, juga kagum melihat keindahan arsitektur masjid sekaligus berswafoto (selfie) sebagai kenang-kenangan," ujarnya.
Ia menyebutkan, wisatawan yang datang di antaranya berasal dari Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Thailand, Maroko, Mesir, Turki, Belanda, Irlandia Utara, Prancis, Inggris, Australia. Bahkan di masjid ini ada salah satu wisatawan asal Swiss yang akhirnya menjadi mualaf setelah di-Islamkan dan mengganti nama menjadi Ibrahim.
"Kalau wisatawan Nusantara semua daerah sudah berkunjung ke Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, kecuali dari Papua yang belum ada di daftar tamu," ujarnya.
Menurut dia, bagi para pengunjung yang ingin masuk ke dalam areal masjid, tidak dikenakan biaya atau tiket masuk. Karena semuanya gratis. Hanya saja, bagi pengunjung yang ingin masuk sampai ke dalam areal masjid harus mengenakan pakaian Islami atau sopan.
"Jadi bagi pengunjung atau wisatawan yang datang khusus non-muslim dan asing, karena pakai celana pendek kami sudah menyiapkan pakaian Islami sebanyak 50 set, 25 set untuk laki-laki dan 25 set untuk perempuan," kata Mukti.
Ia menambahkan, selain melihat arsitektur masjid terbesar di NTB itu, para pengunjung juga bisa melihat keindahan bangunan masjid dan Kota Mataram melalui menara utama setinggi 114 meter atau lebih dikenal menara 99 (asmaul husna) dengan menggunakan lift.
Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat menara 66 terdiri dari 4 buah menara yang berada di masing-masing sudut masjid, termasuk kubah utama masjid dengan diameter cukup besar.
Lebih lanjut Mukti mengatakan Masjid Hubbul Wathan Islamic Center sendiri dapat menampung 15 ribu orang, dengan luas areal masjid secara keseluruhan mencapai 7,4 hektare. Terdiri dari masjid utama mencapai 3,6 hektare, gedung pendidikan 14,092 meter persegi.
Kemudian, gedung pengkajian seluas 8.298 meter persegi, areal komersil yang berada di sisi utara masjid 15,819 meter persegi. Kemudian di dalam masjid juga dilengkapi fasilitas ballroom bisa menampung 3.000 orang dan 4 ruang pertemuan.
Selain itu ada fasilitas parkir kendaraan, baik di luar dan basemant masjid yang bisa menampung 600 unit mobil dan 2.000 sepeda motor. (*)