DPRD Mataram Minta Aktivitas Indomaret Dihentikan Sementara

id Pasar Modern

"Penghentian sementara aktivitas di gerai pasar modern tersebut untuk menghindari adanya gejolak dan reaksi warga yang tidak setuju"
Mataram (Antara NTB)- Ketua DPRD Mataram H Didi Sumardi SH meminta agar berbagai aktivitas di gerai Indomaret di Lingkungan Karang Genteng Kecamatan Mataram, dihentikan sementara.

"Penghentian sementara aktivitas di gerai pasar modern tersebut untuk menghindari adanya gejolak dan reaksi warga yang tidak setuju," katanya di ruang rapat DPRD Kota Mataram, di Mataram, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya saat memfasilitasi pertemuan antara warga yang pro dan kontra terhadap pembangunan Indomaret di wilayah Karang Genteng, dengan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

SKPD yang dimaksudkan adalah, Dinas Perdagangan, Satpol PP Kota Mataram, Camat Mataram, Lurah Pagutan serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Mataram.

Pertemuan ini merupakan pertemuan kedua, setelah pada Senin (20/3) puluhan warga Karang Genteng dan Tempit melakukan dengar pendapat dengan Ketua DPRD Kota Mataram.

Ketua DPRD mengatakan, pemberhentian semetara aktivitas di gerai pasar modern tersebut bukan untuk menghambat investasi di kota ini, melainkan untuk tetap menjaga kondusifitas.

"Apalagi, dari pernyataan Kepala DPMPTSP menyebutkan bahwa gerai tersebut belum berizin," ujarnya.

Sementara beberapa warga dalam kesempatan tersebut tetap menuntut agar gerai Indomaret tersebut disegel, agar tidak merugikan masyarakat.

"Kami minta agar gerai Indomaret disegel, jika tidak kami akan bergerak," kata Putra Sari salah seorang dari perwakilan warga Karang Genteng dan Tempit.

Putra Sari menilai pembangunan pasar modern dalam hal ini Indomaret di kawasan tersebut merupakan salah satu gerakan kapitalis yang tidak memberikan ruang bagi masyarakat kecil.

"Jika pasar modern ini sampai beroperasional, tentu bisa mematikan usaha masyarakat yang sudah ada yang menjadi ladang pencarian warga sekitar," katanya.

Terkait dengan itu, warga Lingkungan Karang Genteng dan Tempit meminta agar pembangunan pasar modern di kawasan Karang Genteng jangan sampai beroperasional.

"Jika gerai Indomaret diizinkan beroperasional itu bisa berdampak pada masyarakat yang masih menggantungkan hidupnya dari warung-warung kecil," katanya. (*)