"Lombok-Sumbawa Great Sale" Targetkan Tiga Ribu Wisatawan

id PARIWISATA LOMBOK

Dengan dimulainya kegiatan Lombok Sumbawa Great Sale, kami menargetkan bisa menarik sedikitnya tiga ribu kunjungan wisatawan ke NTB sepanjang bulan Februari
Mataram (Antara NTB) - Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat menargetkan selama pelaksanaan "Lombok Sumbawa Great Sale" pada 1-28 Februari 2017 mampu menarik kunjungan wisatawan sampai tiga ribu orang.

"Dengan dimulainya kegiatan Lombok Sumbawa Great Sale, kami menargetkan bisa menarik sedikitnya tiga ribu kunjungan wisatawan ke NTB sepanjang bulan Februari," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Mohammad Faozal, Rabu. 

Ia menjelaskan, selama kegiatan Lombok Sumbawa Great Sale, wisatawan yang berkunjung ke Lombok dan Sumbawa bisa menikmati cukup banyak diskon paket wisata, mulai perhotelan, restauran, kuliner, hingga souvenir.

Menandai dimulainya kegiatan "great sale" itu, jajaran Dinas Pariwisata NTB bersama manajemen PT Angkasa Pura I Lombok International Airport (LIA), Rabu (1/2) menyambut kedatangan penumpang pesawat pertama Garuda Indonesia dari Jakarta yang tiba di Lombok

Penumpang yang datang disuguhi musik tradisional Gendang Beleq, makanan ringan, dan pemberian brosur katalog Lombok Sumbawa Great Sale.

Menurut dia, dalam "great sale" ini, ada sekitar 189 unit usaha yang terlibat memberikan diskon khusus. Di antaranya 69 hotel dan resor yang memberikan diskon tarif sewa kamar antara 30 hingga 70 persen dari harga normal, 45 restoran dan kuliner lesehan yang memberi diskon 15 hingga 30 persen, dan puluhan outlet kerajinan serta souvenir dan oleh-oleh khas NTB.

Selain itu, tiga maskapai penerbangan nasional juga turut memberi diskon 10-15 persen untuk penerbangan ke Lombok, di antaranya Garuda Indonesia, Citylink dan Lion Air.

"Pemberitahuan tentang `great sale` juga dilakukan awak pesawat selama menempuh perjalanan," katanya.

Di samping itu, lanjut mantan Kepala Museum NTB ini, sepanjang bulan diskon wisata tersebut pengunjung juga bisa menikmati atraksi seni dan budaya khas Lombok dan Sumbawa yang akan digelar setiap malam di Lombok Epicentrum Mall (LEM) kota Mataram.

"Sebanyak 49 dari 100 unit usaha yang ada di LEM Mataram juga menawarkan diskon dalam Lombok Sumbawa Great Sale 2017," sebut Faozal.

Untuk menikmati fasilitas diskon dalam Lombok Sumbawa Great Sale, wisatawam domestik dan mancanegara cukup menunjukkan "boarding pass" pesawat dan kartu identitas di hotel, restorant, pusat kuliner dan kerajinan sovenir yang bertanda Lombok Sumbawa Great Sale.

"Kami juga menyediakan brosur katalog `great sale` di terminal kedatangan LIA sehingga pengunjung yang datang bisa lebih mudah menemukan fasilitas diskon sesuai keinginan mereka," ucapnya.

Lombok Sumbawa Great Sale 2017 dilakukan Dinas Pariwisata NTB dengan dukungan dari seluruh "stake holders" terkait seperti PHRI, ASITA, dan BPPD NTB untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan di bulan Februari yang termasuk "low season".

Berdasarkan pengalaman tahun tahun sebelumnya tingkat hunian hotel di musim "low season" rata rata 30 hingga 40 persen. Untuk itu melalui kegiatan ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan hingga 65 - 70 persen. (*)