Telkomsel Perkuat Jaringan Telekomunikasi di Mandalika Lombok

id PT Telkomsel

Telkomsel Perkuat Jaringan Telekomunikasi di Mandalika Lombok

Kawasan wisata Mandalika.

"Kehadiran infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas sangat penting dalam menunjang potensi wisata suatu daerah"
Mataram (Antara NTB) - Perseroan Terbatas Telkomsel memasang jaringan 4G LTE di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, untuk mendukung pengembangan salah satu dari 10 destinasi wisata Indonesia itu.

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi, di Mataram, Sabtu, mengatakan pemasangan jaringan seluler berbasis teknologi terkini tersebut merupakan bagian dari rangkaian optimalisasi jaringan yang dilakukan untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan wisatawan yang aktif menggunakan layanan komunikasi selama berada di Mandalika.

"Kehadiran infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas sangat penting dalam menunjang potensi wisata suatu daerah. Untuk itu, kami telah menggelar jaringan 4G LTE berkualitas untuk mempermudah wisatawan yang ingin berbagi dan menyebarkan eksotisme Mandalika ke seluruh dunia," katanya.

Ia berharap kehadiran layanan 4G LTE mampu menarik semakin banyak wisatawan untuk berkunjung langsung menikmati keindahan pantai di Mandalika.

"Upaya yang telah kami lakukan sebagai wujud nyata dukungan Telkomsel dalam membangun industri pariwisata Tanah Air," ujarnya.

Saat ini, kata dia, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 100 persen wilayah populasi Mandalika yang di antaranya meliputi Pantai Kuta, Pantai Serenting, Pantai Tanjung Aan, Pantai Keliuw, dan Pantai Gerupuk.

Secara total layanan 4G Telkomsel telah menjangkau lebih dari 70 persen wilayah populasi Lombok, termasuk Kota Mataram dan kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

Menurut Sukardi, pertumbuhan penggunaan layanan data yang mencapai lebih dari 100 persen pada tahun lalu di wilayah Lombok menunjukkan tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan data yang berkualitas.

"Kami harapkan layanan komunikasi berkualitas yang kami hadirkan di daerah Lombok dan sekitarnya mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga mempercepat pertumbuhan perekonomian di wilayah itu," katanya.

Selain Mandalika, lanjut dia, pihaknya juga melakukan optimalisasi jaringan di 11 destinasi wisata utama Indonesia lainnya, yakni Borobudur (Jawa Tengah), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur).

Selain itu, Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Toba (Sumatera Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Tanjung Lesung (Banten), Morotai (Maluku Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Bunaken (Sulawesi Utara), dan Raja Ampat (Papua Barat).

Optimalisasi jaringan tersebut antara lain membangun BTS 4G baru, meng-upgrade BTS existing menjadi BTS 4G, menambah kapasitas transmisi jaringan, serta memperluas jangkauan jaringan.

Telkomsel juga selalu melakukan monitoring kualitas jaringan secara rutin, bahkan mengoperasikan "Compact mobile base station" (Combat) untuk memperkuat jaringan pada saat digelarnya event-event berskala nasional dan internasional yang dipusatkan di kawasan wisata.

"Dalam beberapa tahun terakhir, Telkomsel juga selalu mendukung kebutuhan komunikasi berbagai event pariwisata berskala internasional," ucap Sukardi. (*)