ITDC Kerja Sama Dengan Wika Bangun Infrastruktur Mandalika

id KEK MANDALIKA

Paket pengerjaan proyek dengan Wika ini merupakan yang terbesar untuk kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika dengan nilai Rp138 miliar
Praya (Antara NTB) - PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menandatangani kerja sama proyek pembangunan kawasan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, dengan PT Wijaya Karya Tbk senilai Rp138 miliar.
"Paket pengerjaan proyek dengan Wika ini merupakan yang terbesar untuk kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika dengan nilai Rp138 miliar," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer seusai acara penandatangan perjanjian kerja sama di Praya, Nusa Tenggara Barat, Jumat.
Menurut Abdulbar, ada dua komponen paket pengerjaan yang dilakukan PT Wika di KEK Mandalika, yakni Wika Holding yang akan mengerjakan konstruksi jalan, taman, landscape dan penataan pantai Kuta senilai Rp138 miliar.
Selanjutnya, ITDC juga bermitra dengan anak usaha PT Wika Bangunan yang fokus membangun masjid senilai Rp35 miliar. Jika ditotal, kerja sama ITDC dan Wika mencapai Rp178 miliar.
"Untuk masjid kita targetkan satu tahun sudah selesai, sedangkan untuk jalan juga demikian awal tahun depan sudah selesai, meski kemungkinan masih bisa lebih cepat lagi," katanya.
Abdulbar menjelaskan, terlaksananya perjanjian kerja sama ITDC dan Wika menjadi tonggak sejarah dalam pengembangan KEK Mandalika, sekaligus menjadi kebanggaan bagi kawasan dan masyarakat.
Sementara itu, Direktur Operasional PT Wika Gandira Gutawa mengatakan pembangunan jalan di KEK Mandalika merupakan proyek pertama yang dilaksanakan Wika di dalam sebuah kawasan.
"Kita akan kerahkan seluruh kemampuan dan keahlian untuk pengerjaan proyek ini," ujarnya.
Untuk proses pengerjaan jalan, pihaknya diberikan waktu satu tahun, namun dengan melihat kondisi lapangan diharapkan bisa lebih cepat.
"Kita maunya lebih cepat, karena dengan bekerja lebih cepat, maka manfaatnya bisa lebih cepat dirasakan oleh masyarakat khususnya di Mandalika," jelasnya.
Sedangkan total jalan yang dikerjakan oleh PT Wika, ujar Gandira, sepanjang 14 km dengan pembagian barat dan timur dengan nilai kontrak mencapai Rp138 miliar.
"Kita membuat jalan yang sudah ada atau peningkatan jalan dan jalan baru. Kalau baru sekitar 4 km," sebutnya.
Pihaknya berharap, dengan dukungan seluruh pihak, terutama masyarakat penuntasan proyek jalan di kawasan itu bisa berjalan dengan baik, tepat waktu dan lancar. (*)