Inggris dan Italia Impor Ikan Hias NTB

id Ikan Hias

"Ikan hias di perairan laut kita diminati betul oleh negara luar"
Mataram (Antara NTB) - Pengusaha Inggris dan Italia mengimpor ikan hias laut dari Nusa Tenggara Barat untuk memenuhi permintaan konsumen di kedua negara kawasan Eropa tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) NTB Hj Baiq Noviana Indiari, di Mataram, Selasa, mengatakan pengusaha dari kedua negara tersebut tertarik mengimpor ikan hias dari NTB karena bentuk dan jenisnya yang menarik.

"Ikan hias di perairan laut kita diminati betul oleh negara luar" katanya.

Ekspor ikan hias laut, kata dia, dimulai pada 2015 oleh salah satu perusahaan di Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Kemudian, pada 2016 ada lagi perusahaan lain yang menjadi eksportir dengan alamat yang sama di Sekotong.

Seluruh ikan hias yang dikirim ke Inggris dan Italia merupakan hasil tangkapan di perairan laut dengan jenis tertentu yang diperbolehkan untuk diekspor sesuai peraturan di Indonesia.

Perempuan yang biasa disapa Iin ini menyebutkan nilai ekspor ikan hias NTB periode Januari-Agustus 2016 mencapai 7.849,080 dolar AS dengan volume sebanyak 0,841 ton.

Seluruh ikan hias laut tersebut dikirim ke negara tujuan melalui Bandara Internasional Lombok dengan surat keterangan asal (SKA) dari Disperindag NTB.

"Ikan hias yang diekspor tersebut juga sudah memperoleh izin dari Balai Karantina Ikan Kelas I Selaparang, Mataram," ujarnya.

Ekspor ikan hias laut dari NTB dulunya melalui daerah lain, karena para pengusaha berdomisili di Bali.

Setelah pengusahanya pindah dan menetap di Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, pengiriman komoditas hasil laut tersebut langsung dilakukan dari daerah asal komoditas.

Menurut Iin, ekspor ikan hias langsung dari daerah tentu memberikan kontribusi terhadap neraca perdagangan luar negeri NTB.

"Tapi masih ada ikan-ikan hias dari NTB yang dikirim keluar negeri lewat daerah lain, makanya kami terus sosialisasi agar eksportir membuat SKA di daerah asal barang," ucapnya. (*)