Unram Fasilitasi Lulusannya Dapat Beasiswa LPDP

id Unram NTB

Unram Fasilitasi Lulusannya Dapat Beasiswa LPDP

(1)

"Kami juga menyiapkan rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa di dalam dan luar negeri melalui LPDP"
Mataram (Antara NTB) - Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, memfasilitasi para lulusannya yang berpredikat "cumlaude" dan terbaik untuk mendapatkan beasiswa melalui program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Kami juga menyiapkan rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa di dalam dan luar negeri melalui LPDP," kata Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof H Sunarpi pada wisuda di Mataram, Senin.

Sunarpi mengatakan, pihaknya juga akan memberikan perlakuan khusus kepada lulusan terbaik jika mereka ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

"Kami membebaskan masuk di magister-magister yang sudah ada di Unram," ujarnya.

Ia juga berharap mutu lulusan Universitas Mataram semakin meningkat dan mampu berdaya saing di era globalisasi, paling tidak di kawasan Asia Tenggara.

"Mudahan alumni-alumni yang akan dilepas pada wisuda Oktober ini mampu berkontribusi buat pembangunan daerah NTB atau Indonesia pada umumnya," kata Sunarpi.

Unram kembali meluluskan 2.583 sarjana baru dari program diploma 3 (D3), sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) dari sembilan fakultas.

Berbeda dengan biasanya, prosesi wisuda kali ini digelar selama tiga hari berturut-turut di gedung Auditorium Yusuf Abu Bakar, Universitas Mataram, sebagai rangkaian Dies Natalis ke-54 Universitas Mataram.

Sebanyak 864 lulusan diwisuda pada 24 Oktober. Selanjutnya, 861 lulusan diwisuda pada 25 Oktober dan 858 akan diwisuda pada 26 Oktober 2016.

Lulusan terbaik dari masing-masing fakultas, yaitu Akhmad Ripai Subroto (pascasarjana), Pandu Tridana Sakti (kedokteran profesi), Pandu Putera Anugerah (S1 Kedokteran), I Gusti Ayu Putri Oktari (S1 Ekonomi), Saufiah (S1 Hukum), Samsul Rahman (S1 Teknik) dan Nurrahmani (S1 Pertanian).

Selain itu, Wilawati Alya (S1 Peternakan), Muhammad Akiluddin (D3 Peternakan), Wika Wahyuni (S1 FKIP), I Gusti Made Aryama Jelantik (S1 MIPA), Diana Hikmah Hayati (S1 Fatepa) dan Andika Gumilang Kushayadi (S1 Budidaya Perairan).

Universitas Mataram merupakan perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Kota Mataram, NTB.

Dalam perkembangannya hingga 2016 ini, Universitas Mataram mengelola pendidikan untuk sembilan fakultas dan 35 program studi S1 reguler, 12 program studi S1 non-reguler, empat program studi D3, dua program studi D3 vokasi di Kabupaten Lombok Utara, tiga program studi D3 vokasi di Kabupaten Bima dan 12 program pascasarjana serta satu program doktor. (*)