Ketua MPR Minta Parfi Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

id MPR

Pentingnya sosialisasi ini untuk menumbuhkan semangat nasionalisme kebangsaan, dan sangat penting pula bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat terus menumbuhkan semangat dalam mempertahankan tegaknya empat pilar kebangsaan
Mataram (Antara NTB)- Ketua MPR RI H Zulkifli Hasan menyosialisasikan empat pilar kebangsaan yang dirangkaikan dengan Kongres ke XV Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pendopo Wali Kota Mataram itu diikuti para anggota PARFI dari seluruh Indonesia. Selain dihadiri oleh Ketua Umum PARFI H Gatot Brajamusti, hadir pula Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh dan Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana.

Selaku Ketua MPR RI sekaligus pembicara dalam sosialisasi itu Zulkifli Hasan menjelaskan apa yang dimaksud dengan empat pilar kebangsaan.

Zulkifli menjelaskan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Pentingnya sosialisasi ini untuk menumbuhkan semangat nasionalisme kebangsaan, dan sangat penting pula bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat terus menumbuhkan semangat dalam mempertahankan tegaknya empat pilar kebangsaan," katanya.

Sementara, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh dalam sambutannya mengatakan bahwa sosialisasi empat pilar kebangsaan merupakan bentuk komitmen dan semangat bersama dalam mempertahankan dan menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Lahirnya empat pilar kebangsaan itu melalui perjuangan yang luar biasa dari para pendahulu, karena itu, sudah menjadi kewajiban semua untuk terus mempertahankannya" katanya.

Wali kota mengatakan, melalui sosialisasi peserta tentu ingin mencapai pemahaman yang sebaik-baiknya mengenai empat pilar kebangsaan untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

Apalagi, lanjut wali kota, Kota Mataram layaknya miniatur dari bangsa Indonesia yang begitu majemuk.

Dalam kemajemukan ini beragam suku, agama, maupun budaya mengalami kemajuan setahap demi setahap, dan kuncinya adalah dengan terus menjaga persatuan dan kesatuan.

Lebih jauh, wali kota menilai, perhelatan kongres para artis perfilman se-Indonesia di Kota Mataram merupakan sebuah kebanggaan bagi kota ini.

Kehadiran para artis perfilman yang juga menjadi peserta dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan ini setidaknya menghadirkan kembali figur-figur yang pernah menjadi idola pada masanya.

"Mari kita manfaatkan waktu yang singkat ini untuk memahami empat pilar kebangsaan dengan sebaik-baiknya," kata wali kota.

Dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan yang digelar secara singkat tersebut, tampak beberapa figur yang cukup dikenal publik Tanah Air juga turut hadir.

Figur tersebut di antaranya Desy Ratnasari yang selain berprofesi sebagai artis juga seorang politisi.

Selain itu tampak hadir pula Reza Arthamevia, beberapa wajah yang cukup familiar dan dikenal sebagai artis perfilman senior yang tergabung dalam PARFI. (*)