Pelindo III Kampanyekan Program Kemaritiman di Unram

id PELINDO III

Pelindo III Kampanyekan Program Kemaritiman di Unram

kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto (kiri) memberikan cenderamata kepada Humas Unram M Farouk, pada acara Pelindo III "Goes to Campus" di Mataram, Jumat (26/8). (ANTARA NTB/Awaludin) (1)

"Selain mendukung program pemerintah, kami juga ingin mengedukasi dan berbagi seputar perkembangan maritim di Indonesia"
Mataram (Antara NTB) - Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggelar Program Pelindo III "Goes to Campus" di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, untuk mengenalkan kepada generasi muda tentang dunia kepelabuhanan dan kemaritiman.

"Universitas Mataram (Unram) menjadi lokasi ketiga program tersebut, sebelumnya acara serupa diadakan di Institut Teknologi Surabaya, dan Universitas Sebelas Maret pada Februari dan April 2016," kata Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto di acara Pelindo III "Goes to Campus" di Unram, Kota Mataram, Jumat.

Tema yang diusung dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut, yaitu "Peran Pemuda Menyongsong Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia 2045" yang dilaksanakan selama dua hari dengan rangkaian kegiatan berupa seminar dan aksi penanaman pohon di lingkungan kampus.

Edi mengatakan program Pelindo III "Goes to Campus" merupakan bentuk dukungan Pelindo III dalam mengenalkan dunia maritim kepada generasi muda.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga dilatarbelakangi oleh program Tol Laut yang digagas oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Oleh karena itu, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kepelabuhanan, Pelindo III memiliki peranan dalam menyukseskan program tersebut.

"Jadi selain mendukung program pemerintah, kami juga ingin mengedukasi dan berbagi seputar perkembangan maritim di Indonesia," ujar Edi didampingi General Manager Pelindo III Cabang Lembar, Baharuddin.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unram H Muhammad Nasir, antusias dengan kegiatan Pelindo III yang memperkenalkan dunia kepelabuhanan dan kemaritiman karena mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Mataram, bisa memperoleh pengetahuan pengetahuan secara gratis dari Pelindo.

Ia juga menilai kegiatan kampanye maritim tersebut sebagai bentuk kepedulian Pelindo dalam rangka menyongsong pemuda menjadi poros maritim dunia.

"Kami bahagia Pelindo melirik Unram sebagai lokasi kegiatan dan tidak hanya mengundang mahasiswa Unram, tapi juga mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Mataram," ujarnya.

Pada kegiatan seminar kemaritiman yang digelar di ruang senat Unram, Pelindo III menghadirkan tiga nara sumber, yakni Asisten Kepala Biro Perencanaan Strategis Korporat, Edwar D.P Napitupulu, pakar kemaritiman Dr Son Diamar dan Guru Besar Unram Prof Muchlis.

Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, NTB, dan Nusa Tenggara Timur.

Khusus di NTB, Pelindo III telah mengoperasikan Pelabuhan Lembar, di Kabupaten Lombok Barat, dan Pelabuhan Bima, di Kabupaten Bima, Pulau Sumbawa. (*)