Ribuan Pemuda Serbu Pameran Bursa Kerja NTB

id Bursa Kerja

Ribuan Pemuda Serbu Pameran Bursa Kerja NTB

Para pencari kerja memadati stan 30 perusahaan yang berpartisipasi pada Pameran Bursa Kerja NTB 2016, di Lombok Epicentrium Mall, Kota Mataram. (ANTARA NTB/Awaludin) (1)

"Di pameran bursa kerja ini, para pencari kerja bisa memperoleh informasi seputar lowongan kerja sesuai dengan keahliannya dan minat"
Mataram (Antara NTB) - Seribuan pemuda dan pemudi dari berbagai latar belakang pendidikan menyerbu arena Pameran Bursa Kerja 2016 yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nusa Tenggara Barat di Lombok Epicentrium Mall, Kota Mataram, Rabu.

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari, 24-25 Agustus 2016 tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Muhammad Amin, di dampingi Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB H Sudarman.

Usai acara pembukaan, para pencari kerja langsung menyerbu stan 30 perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran bursa kerja tersebut untuk memperoleh informasi lowongan kerja yang disediakan.

Lita, salah seorang pencari kerja mengaku sangat antusias dengan kegiatan pameran bursa kerja tersebut karena bisa menjadi sarana mencari informasi seputar lowongan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikannya.

"Kegiatan ini menurut saya sangat bagus, para pencari kerja bisa lebih mudah memperoleh informasi lowongan pekerjaan karena berada di area publik," ujar lulusan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, jurusan psikologi ini.

Hal senada juga diungkapkan Tiya. Sarjana lulusan Diploma 4 jurusan kebidanan ini tertarik datang ke lokasi pameran bursa kerja yang diadakan pemerintah karena ingin mencari peluang kerja yang lebih baik, meskipun sudah menjadi tenaga pengajar honorer di salah satu yayasan.

"Tertarik sekali dengan kegiatan ini, siapa tahu ada informasi lowongan kerja yang saya minati dan sesuai dengan keahlian saya," ucapnya dengan wajah tersenyum meskipun lowongan pekerjaan yang diharapkan tidak tersedia.

Kedua sarjana yang sudah lulus satu tahun lalu itu berharap kegiatan pameran bursa kerja tetap digelar di area publik dengan intensitas yang lebih banyak karena jumlah lulusan sarjana yang membutuhkan pekerjaan terus bertambah setiap tahun.

Sekretaris Disnakertrans NTB H Sudarman, mengatakan pihaknya melibatkan sebanyak 30 perusahaan dalam Pameran Bursa Kerja 2016, yang menyediakan sebanyak 1.329 lowongan pekerjaan.

Sebagian besar perusahaan yang berpartisipasi adalah lembaga swasta, baik yang bergerak di sektor pariwisata, perdagangan, otomotif dan industri jasa keuangan.

Ia menjelaskan, Pameran Bursa Kerja 2016 bertujuan untuk mempertemukan secara langsung pencari kerja kepada perusahaan pengguna tenaga kerja, sehingga dapat menekan angka pengangguran daerah.

"Di pameran bursa kerja ini, para pencari kerja bisa memperoleh informasi seputar lowongan kerja sesuai dengan keahliannya dan minat," katanya. (*)