Euro 2016 - Sempat tertinggal, Ceko tahan Kroasia 2-2

id Liga Eropa

Euro 2016 - Sempat tertinggal, Ceko tahan Kroasia 2-2

Ivan Perisic (kiri) merayakan gol ke gawang Rep Ceko bersama Ivan Rakitic pada laga Grup D Euro 2016 yang berakhir imbang 2-2 di Prancis, Jumat (17/6/16)/ (JEFF PACHOUD / AFP) (1)

Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Republik Ceko kuat menahan imbang Kroasia dengan skor 2-2 pada laga Grup D Euro 2016 di Stadion Saint-Etienne, Prancis, Jumat.

Republik Ceko berhasil mengejar ketertinggalan 0-2 menjadi 2-2 lewat gol yang diciptakan Milan Skoda dan penalti Tomas Necid di akhir babak kedua.

Hasil imbang ini membuat Kroasia harus menunda kesempatan lolos ke 16 besar karena baru memiliki empat poin dari dua laga, adapun Ceko di posisi tiga dengan satu poin.

Kroasia unggul lebih dulu 1-0 lewat aksi menawan Ivan Perisic yang meneruskan upaya serangan balik Badelj pada menit 37. Perisic yang merumput bersama Inter Milan masuk ke pertahanan Ceko dengan melewati beberapa bek kemudian menceploskan bola ke gawang Petr Cech.

Kroasia menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sontekan playmaker Barcelona, Ivan Rakitic, menyelesaikan umpan kerjasama antara Hubnik dan Brozovic pada menit 59.

Tertinggal dua gol memuat Republik Ceko melakukan pergantian taktik, Milan Skoda masuk menggantikan Lafata, pada menit 67.

Pergantian pemain itu membuahkan hasil setelah Milan Skoda menjebol gawang Subasic menggunakan sundulan dari umpan silang tajam yang dilontarkan Rosicky pada menit 76.

Laga sempat dihentikan pada menit 87 setelah sejumlah suporter melepaskan kembang api ke lapangan. Wasit Clettenburg asal Inggris kemudian melanjutkan pertandingan lima menit kemudian.

Menjelang laga usai, Ceko menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti Tomas Necid menyusul pelanggaran handball yang dilakukan bek Kroasia Vida. Skor 2-2 bertahan hingga laga usai.

Statistik UEFA mencatat Kroasia menguasai 56 persen kepemilikan bola berbanding 44 persen. Luca Modrik dan kawan-kawan berhasil melepaskan enam sepakan on target, sementara Ceko hanya melepaskan empat tendangan.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Rep Ceko (4-5-1):  Cech, Kaderabek, Hubník, Sivok, Limberský, Rosický (C), Plašil, Krej?í, Skalák (Sural), Lafata (Milan Skoda), Darida.

Kroasia (4-2-3-1): Subasic, Strinic, Corluka, Srna, Vida, Badelj, Modric (Mateo Kovacic), Rakitic, Brozovic, Perisic, Mandžuki?.

Editor: Suryanto

(*)